Tips Merawat Steamer Pakaian

Cara merawat vertical steamer


Vertical Steamer sering kita gunakan dalam proses dry cleaning atau (menyetrika) pakaian yang tidak bisa kita setrika menggunakan setrika biasa seperti jas, kebaya, atau pakaian berbahan khusus.

Sebagai pemilik laundry, kita senantiasa selalu ingin menjaga agar setiap mesin yang kita miliki selalu awet dan bekerja dengan baik dan tidak mudah rusak.

Untuk itulah, tips berikut ini adalah cara merawat vertical steamer anda agar tahan lama, awet dan terjaga kualitasnya.

  1. Gunakan steamer anda seperlunya. Jangan membiarkan steamer anda hidup berlama-lama tanpa anda gunakan atau menggunakan steamer terlalu lama.
  2. Jangan membiarkan tabung air steamer kosong dengan posisi steamer hidup (on). Ini bisa merusak elemen mesin pemanas dan wire yang ada didalamnya.
  3. Gunakan air yang bersih. Jangan menggunakan air yg kotor atau terdapat kotoran didalamnya karena nanti bisa merusak elemen pemanas steamer.
  4. Jangan pernah menambahkan kimia apapun kedalam steamer seperti parfum laundry, kimia dry cleaning atau bahan kimia lain. Ini dapat menimbulkan karat didalam mesin steamer atau bagian dalam yang lainnya.
  5. Selalu gunakan steamer dalam posisi tegak atau vertical, vertical steamer tidak didisain bekerja seperti setrika iron biasa yg cara kerjanya secara horizontal.
  6. Bersihkan selang steamer secara berkala. Biasanya selang steamer bisa anda copot. Gunakan air bersih dan kocok-an selang steamernya seperti layaknya anda mencuci botol.
  7. Jangan biarkan steamer anda jatuh atau berada dilantai. Saya sering mendapati orang yang meletakan steamernya dibawah ketika memanaskan steamer sementara gantungannya dipakai untuk menggantung pakaian yang akan di steamer. Biarkan dulu steamer anda panas dalam posisi gantungnya.
  8. Steamer biasanya menggunakan listrik yang besar, ada yang diatas 500watt hingga 2000 watt. Kemungkinan terjadi korslet bisa lebih besar daripada mesin lainnya yg menggunakan daya watt lebih kecil. Jangan terlalu sering menghidup matikan steamer anda atau memainkan tombol on/off nya. Jaga juga kualitas kabel listrik dan colokannya agar tidak tertarik paksa atau rusak.
  9. Kosongkan dan buang air yang ada di dalam tabung setelah anda selesai memakainya.
  10. Simpan steamer anda didalam ruangan atau kotaknya untuk menghindari gigitan tikus atau serangga.
Semoga tips diatas berguna untuk anda agar steamer yang anda miliki tetap awet dan bekerja dengan baik.


Salam,

InfoLaundry.Com


Credits: image

0 komentar:

Posting Komentar